Skip to main content

[REVIEW] The Truman Show (1998)

Film poster. On the side of the building is a large screen, showing a man laying his head on a pillow, eyes closed and smiling. Digital text above and below the screen state "LIVE" and "DAY 10,909", with the film's title right below it. Text at the top of the image includes the sole starring credit and text at the bottom includes the film's tagline and credits.
via : wikipedia
Can you imagine seluruh hidupmu direkam dan disiarkan di seluruh dunia ? Unless you’re The Kadarshians, pasti anda akan sangat risih

Sinopsis : Truman Burbank (Jim Carrey), sejak lahir kehidupannya disorot kamera tersembunyi dan dijadikan sebuah reality show berjudul The Truman Show. Truman tidak tahu bahwa seluruh kehidupannya hanya rekayasa seorang producer bernama Christof (Ed Harris) . Seluruh kehidupan Truman diatur hingga suatu hari Truman mulai menyadari keanehan dalam hidupnya  

Well, sebenarnya sekarang ini banyak contoh The Truman Show, salah satunya Keeping Up with The Kadarshians dan love it or hate it, banyak ditonton di seluruh dunia. Sepertinya reality show jaman sekarang mengambil ide film ini. Wait, kenapa saya malah membahas Kadarshian ?

Okay, ide ceritanya sendiri sangat unik. Konsep cerita ini awalnya diangkat dari salah satu episode serial TV, The Twilight Zone dan ceritanya jauh lebih gelap daripada film ini. Bagaimana jika ternyata kehidupan kita hanya sebuah rekayasa dan semuanya palsu ? Adegan favorit saya adalah saat `para aktor’ di Truman Show mempromosikan sebuah produk sebagai sponsor. Mereka dengan jelas mempromosikan kelebihan produk ke kamera tanpa membuat Truman curiga.

Jim Carrey sebagai actor dan comedian menyisipkan unsur komedi dan gesture fisik yang menjadi ciri khasnya. Dia mampu memerankan Truman yang polos dan naif dan juga kebingungan saat menemukan fakta-fakta mengejutkan dalam hidupnya. Perpaduan itu sangat hebat dan membuktikan bahwa Jim Carrey bukan hanya comedian biasa namun juga actor yang hebat.

Film ini mendapat banyak penghargaan dan dinominasikan di Academy Awards dan Golden Globe. Jim Carrey dan Ed Harris mendapatkan Best actor dan Best Supporting Actor di Golden Globe.

My Rating

82%

Comments

Popular posts from this blog

10 FIlm untuk Valentine

Bingung mau nonton film apa sama pacar pas Valentine ? Berikut countdown film yang pas buat ditonton pas valentine (Ingat khusus yang punya pacar !) 10. The Proposal via:wikipedia Dimainkan oleh Ryan Reynolds dan Sandra Bullock. Kebetulan Sandra Bullock emang jagonya comedy romance. Ceritanya Margaret Tate (Sandra Bullock), boss killer yang dijuluki nenek sihir warga negara Canada akan dideportasi dari US dan secara mendadak dia menyuruh anak buahnya yang ganteng Andrew Paxton (Ryan Reynolds) untuk nikah sama dia dan mereka sepakat akan bercerai dalam 1 tahun. Unsur komedi dan romance nya pas banget dan kita bakalan ngakak sepanjang film. Apalagi ditambah karakter si nenek yang diperankan Betty White.  9. Mr & Mrs Smith   via:wikipedia Nah gossipnya sih Brad Pitt selingkuh sama Angelina Jolie pas film ini nih. Chemsitry mereka kuat banget sih. Nah film ini campur action juga, jadi buat para cowo ga akan bosen. Sinopsis nya, John dan Jane Smit...

[REVIEW] A Million Ways to Die in the West

via:wikipedia.com Siapa di sini yang suka nonton Family Guy, American Dad, dan Cleveland Show ? Pasti juga ada yang nonton TED. Seth Macfarlane, pencipta serian dan film favorit kita kali ini akan bermain sendiri di film nya dan ga Cuma suaranya doank yang nongol. Setting filmnya mengambil latar jaman koboi.   Sinopsis:   Seorang penggembala domba (Seth Macfarlane) pengecut, pecundang dan sangat sial ditinggal pacarnya (Amanda Seyfried). Di tengah kegalauannya, dia bertemu dengan cewe cantik dan hot bernama Ana (Charlize Theron) yang ternyata mempunyai hubungan dengan bandit Clinch Leatherwood (Lian Neeson). Actually, film ini sebenernya ga jelek-jelek amat kok. Beneran deh. Walaupun kalau liat rottentomatoes ratingnya rendah banget. Bagi yang dah ngikutin Family Guy atau American Dad pasti dah familira banget sama humor nya Seth Macfarlane. Beberapa adegan sih emang bikin kita “APA SIIHH ??” kaya governor yang diseret serigala. Cuma overall lumayan lucu kok. S...

A Beautiful Mind

Again, I will review biopic movie. Kali ini tentang pria jenius bernama John Nash ahli matematik dan sudah banyak membuat karya ilmiah yang hingga saat ini masih dipaki oleh kita. Pemerannya ada Noah dan istrinya, maksudnya Russel Crowe dan Jennifer Connely Sinopsis : John Nash seorang ahli matematika jenius namun sedikit arogan sedang berada di puncak karirnya. Dia adalah seorang profesor dan sangat dihormati oleh mahasiswa dan rekan lainnya. Dia bertemu dengan mahasiswi bernama Alicia dan menjadi istrinya. Namun tak disangka ternyata dia mengidap penyakit kejiwaan. Film ini salah satu biopic yang bagus dan mendapat 4 penghargaan oscar. 2 diantaranya adalah best picture dan best supporting actress untuk Jennifer Connely. Pada awal film kita diceritakan karakter John Nash yang arogan namun sangat jenius dan penuh perhitungan. Kita juga dibawa untuk melihat proses hubungan John dan Alicia. Bagian pemungkasnya adalah saat kita tahu John memiliki penyakit kejiwaan. Walaupun jika dib...